Mancing Udang Galah

Umpan jitu dan Cara mancing udang galah

Umpanmancing.net – Udang siapa yang tak kenal dengan jenis binatang air yang satu ini , Rasa dari udang galah ini sangatlah gurih dan lezat apabila tepat dan mantap cara memasak dan menyajikanya, udang jenis ini juga menjadi salah satu menu favorit di hidangan sajian seafood. Oleh sebab itu tak khayal banyak orang yang membudidayakan binatang air jenis ini. Dan bahkan boleh dibilang sudah menjadi salah satu komoditi ekspor yang cukup menjanjikan, Dan menjadi sumber penghasilan utama para petani udang galah.

Udang mempunyai struktur fisik  yang berbeda dengan jenis hewan air yang lain apalagi dengan jenis ikan pada umumnya.Udang galah mempunyai nama ilmiah ( Macrobranchiium rosenbergii) yang mempunyai habitat asli di perairan sungai besar.  Di indonesia sendiri terdapat kurang lebih 20 jenis udang –udangan salah satunya udang galah ini , yang merupakan jenis udang asli perairan indonesia. Jika anda penghobi mancing alam khususnya di muara dan sungai mungkin mancing udang galah bisa menjadi alternatif lain ketika anda sudah mulai bosan dengan jenis jenis ikan buruan mancing anda yang biasa seperti ikan lele, ikan nila, ikan gabus , ikan mas dan ikan bawal.

Mengapa disebut udang galah ? udang jenis ini disebut udang galah karena udang ini mempunyai dua buah kaki depan yang sangat panjang dan menyerupai galah. Sedangkan warna kaki yang panjang tadi biasanya berwarna biru dan sedikit agak kehijauan. 

Akan tetapi ada juga yang berwarna kemerah merahan. Proses kehidupan udang jenis ini tergolong cukup unik yaitu pada fase telur atau larva ( juveniil) akan memilih air payau sebagai habitatnya, nah ketika memasuki usia dewasa udang ini akan berpindah habitat ke perairan air tawar. Karena bentuk fisik dan keunikan udang galah tersebut maka  cara memancing udang galah pun juga beda dengan cara mancing ikan pada umumnya.

Dari beberapa penjelasan diatas maka bisa kita simpulkan bahwa cara mancing udang galah di sungai dibutuhkan Kejelian dan keahlian ketika anda memancing udang galah ini. Bisa dipastikan penggemar mancing udang jenis ini sangatlah  banyak di indonesia, hanya saja mereka jarang terekspose oleh media. Sehingga seluk beluk tentang mancing udang ini tidak sepopuler mancing ikan. Tapi ketidak populeran ini tidak mempengaruhi bagi mereka yang memang sudah gemar memancing udang galah ini.


Alat mancing udang galah :

1. Gunakanlah joran yang mempunyai karakter halus biasanya menggunakan jenis joran seperti yang kita pakai untuk memancing ikan mas, yang lentur dan halus pada bagian ujungnya agar lebih
responsif dan sensitif, Anda bisa menggunakan joran dengan panjang  2m atau 1.5 m ( yang penting jangan terlalu panjang dan ribet )karena biasanya kalau kita memancing udang galah ini akan menggunakan 2 sampai dengan 4 joran sekaligus. Selanjutnya pilihlah joran dengan ring atau cincin yang kecil.  Jika punya anda sudah terpasang ring yang besar anda bisa menggantinya.
2. Gunakanlah kail khusus untuk memancing udang ( banyak disediakan di toko-toko alat pancing) ,

biasanya mempunyai bentuk lebih panjang , tipis dari mata kail biasa biasanya tanpa kait ( lobang) / circle hook (barbless)
3. Kerekan penggulung atau reel spinning seperti yang biasa anda gunakan untuk mancing di kolam yaitu dengan ukuran kekuatan 4-8 lbs ( biasanya tertera di joran )
4. Untuk Senar pancing biasanya kita menggunakan ukuran 2-5 lbs dengan diameter benang 0.20 sampai dengan 0.28
5. Penggunan pemberat , gunakanlah timah dengan bentuk lonjong atau telur bisa juga dilengkapi dengan pembatas atau stopper biar tidak mudah bergeser-geser posisi timahnya.

mata kail untuk udang galahDalam pemilihan pemberat  juga jangan terlalu berat yang pentingfungsinya tercapai yaitu agar umpan kita tidak terbawa oleh arus.

Umpan mancing udang galah :

Umpan yang umumnya digunakan untuk memancing udang galah biasanya adalah cacing bakau, cacing tanah,

cara memasang umpan cacing tanahcacing susu, cacing bahkan ada yang menggunakan anakan udang itu sendiri. Karena biasanya udang ini akan sangat agresif jika umpan yang kita gunakan masih dalam kondisi hidup dan bergerak. Sementara untuk mengebom atau chumming gunakanlah kelapa bakar yang sudah dipecah-pecah, kemudian taburkan di spot mancing kita

Lokasi mancing Udang Galah ( spot udang galah) dan waktu yang tepat :

Lokasi mancing yang paling tepat untuk memancing udang galah ini untuk mendapatkan hasil yang memuaskan bisa kita temukan di sekitar muara sungai.

Pilihlah spot untuk mancing udang galah di bagian muara sungai yang mempunyai arus yang tenang karena udang galah ini tidak suka berada di perairan yang mempunyai arus yang deras.

Yang perlu diperhatikan yaitu pada saat curah hujan tinggi dan air pasang  adalah waktu yang harus anda hindari untuk mancing udang jenis ini , Karena berdasarkan pengalaman akan sangat sulit untuk mendapatkan udang pada kondisi seperti diatas. Oleh karena itu kondisi air waktu posisi surut lah saat yang tepat anda untuk memancing udang ini.

Cara mancing udang galah :

Udang merupakan jenis hewan nocturnal  ( hewan yang aktif di malam hari ) , oleh sebab itu udang galah ini akan sangat agresif untuk kita pancing pada saat malam hari. Tempat yang paling disukai udang jenis ini biasanya diantara ranting pohon yang tersangkut di pepohonan lain,
tonggak kayu, pepohonan yang menjorok ke sungai, kayu glondongan /log yang terendam di sungai, disamping  itu udang juga suka bermain dibagian dasar muara sungai.

Pada saat mancing udang galah memang dibutuhkan kesabaran yang tinggi, penuh perasaan dan lembut. Seperti pada saat anda memancing jenis jenis ikan lembut yang lain sperti contonya ikan mas. Nah Pada saat umpan anda dimakan oleh udang, joran anda akan melengkung, yang perlu kita lakukan adalah pertahankan saja posisi  tersebut jangan digentak karena hanya akan membuat mulut udang robek oleh mata kail. Angkat  joran anda pelan-pelan disertai  menggulung reel pelan-pelan juga dengan posisi ujung joran anda diatas posisi udang sehingga senar atau kenur akan tegak lurus dengan permukaan air.

Udang biasanya jika sudah terkena pancingan kita dia akan mundur kebelakang dan akan membengkokan tubuhnya, Yang perlu anda ingat ketika udang sudah berhasil anda naikan keatas jangan pernah memegang atau menyentuh ekor udang karena pada bagian ini terdapat semacam patil atau sungut yang cukup tajam terdapat pula di bagian kepala udang yang menyerupai tanduk yang bergerigi yang akan cukup sakit jika tertancap di jari anda .

berhati-hatilah juga dengan capit dibagian ujung nya karena bisa menjepit jari anda. Jika ingin melepas kail gunakan lah lap biar tidak licin dan pegang bagian punggung udang atau pada bagian tengah capit udang galah tersebut.

Bagaimana cukup menarik bukan memancing udang galah, nah cobalah atur jadwal yang tepat untuk mencoba sensasi mancing udang galah tersebut, dan bagikan pengalaman mancing udang galah anda di bagian bawah artikel ini di kolom komentar yang disediakan, dan kita akan bahas tuntas dan berbagi pengalaman serba serbi mancing udang galah .



.:: sumber

Related : Mancing Udang Galah

0 Komentar untuk "Mancing Udang Galah"